Friday 28 December 2007

KEBEBASAN


Sebuah kata mudah dengan disertai banyak makna yang mendaLam..
Semua oRang memiLiki makNa dan penGertian Masing-masiNg akan arti kata
“KEBEBASAN”.Tidak ada acuan Pasti yang sama dan berLaku bagi oRang Lain.
Memang benar “KEBEBASAN” beraRti Lepas daRi apapUn yang bersifaT menGikAt.Baik iTu nYata mauPun hanYa sebuAh benDa abstRak taK terLihat.
Tanpa kiTa saDari kaTa “KEBEBASAN” mengeLompoKkan dirinYa sendiri menJadi 2 benTuk..

  1. Kebebasan eksistensiaL
  2. Kebebasan SosiaL

KEBEBASAN EKSISTENSIAL

Kebebasan BerfiKir dan beriMajiNasi seSuaI dan semau Kehendak kIta sendiri.BerkHayaL mungKin adaLah kaTa yang tePat uNtuK menGartiKannya.Tak ada seoRangpuN yang BerHak dan boLeh meNgusik apaLagi samPai menGatur pikiran dan imajinasi kiTa….

  1. Kita berfikir apabiLa huJan turun kita akan keLuar dan bermain diBawah derasnya hujan__(realistic)
  2. Kita berimajinasi bisa terbang seperti haLnya seekoR burung yang terbang bebas di angkaSa dengan keduA saYapnya yang tak berHenTi menGePak__(nonrealistic)

Kedua conToh diaTas merUapakan sedikiT gamBaran TenTanG piKiran dan iMajinAsi kiTa..

KEBEBASAN SOSIAL

KebeBasan daLam TindaKan denGan didasari TangguNg jaWab penuH daLam menJaLankannYa.DALAm arTi kata bebaS unTuk berTindaK tanPa menGuranGi ataUpun menGgangGu keBebasaN oRang Lain.

  1. Kita tidak sama seKaLi diPerboLehKan mencuRi baRang Yang mutLak menJadi miLik oranG Lain___(aturan tersurat)
  2. Kita tidak diperkenanKan menaRuh tas di banGku keLas saaT ada orAng Lain Yang tidaK kebAgian TempaT duduK(adaLah hak oranG tersebuT untuK duduK di bangKu yang koSonG)____(atuRan TersiRat/sebuAh benTuk perTanggunGjawaban kebebasaN social)

KESIMPULAN

Kita beBas meLakuKan apa saJa asaLkan tidak menGGanggU kebebasan orang Lain.kiTa bebas berfiKir dan Berangan2 tanpa ada SeoRangpuN yang bsa mengganGgu apaLagi menGatur piKiran kiTa.IntinyA ada pada PerTanGgungjawaban kebebAsan dan seJauh Mana kiTa bias beretika Bik moral dan periLaku.

SediKit banYak kiTa bias Tau apa iTu arTi dari keBebasan.Akan TetaPi kebebasan Anda akan Tetap menJadi miLik anda.GunakanLah kebebasan anDa denGan biJak dan Lebih menGarah kepAda haL_haL yang anDa angGap BersiFat poSitiF!!!!(kemBaLi pada priBadi masiNg_masinG)…

No comments: